RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
KOMUNIKASI KEPERAWATAN
NAMA SEKOLAH : .......................
MATA PELAJARAN :
KOMUNIKASI KEPERAWATAN
KOMP. KEAHLIAN :
ASISTEN KEPERAWATAN
KELAS/SEMESTER :
X/1
TAHUN PELAJARAN :
2019/2020
ALOKASI WAKTU : 3jam x 14 = 42
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
PENGETAHUAN
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi
tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar
Bidang Kesehatan dan Pekerjaan Sosial pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2.
KETRAMPILAN
Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan
Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Kesehatan dan Pekerjaan Sosial.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur
sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,
membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.
KD
PADA KI PENGETAHUAN
3.2 Menganalisis gangguan komunikasi
2.
KD
PADA KI KETRAMPILAN
4.2 Melakukan pemeriksaan
gangguan komunikasi
C.
INDIKAROR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
INDIKATOR
KD PADA KI PENGETAHUAN
3.2 Menganalisis gangguan
komunikasi
Berdasarkan
dimensi pengetahuan dan proses kognitif, maka IPK dari KD pengetahuan di atas
sebagai berikut :
a.
Menjelaskan
gangguan komunikasi
b.
Menjelaskan
pengertian gangguan komunikasi dalam keperawatan
c.
Mendeskripsikan
gangguan komunikasi
d.
Menentukan
teknik menejemen gangguan komunikasi
2.
INDIKATOR
KD PADA KI KETRAMPILAN
4.2 Melakukan pemeriksaan
gangguan komunikasi
Melakukan menejemen ganggaun
komunikasi keperawatan berdasarkan contoh sesuai dengan teori gangguan
komunikasi keperawatan.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa mampu menjelaskan pengertian ggangguan komunikasi keperawatan
2.
Siswa mampu menjelaskan fungsi dan tujuan dari gangguan komunikasi
keperawatan.
3.
Siswa mampu menjelaskan analisa gangguan komunikasi keperawatan.
4.
Siswa mampu menjelaskan apa saja gangguan komunikasi keperawatan.
5.
Siswa mampu mengatasi bagaimana pemecahan gangguan keperawatan
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Menjelaskan pengertian gangguan komunikasi keperawatan
2.
Menjelaskan fungsi dan tujuan dari menejemen gangguan komunikasi
keperawatan.
3.
Menjelaskan kebutuhan gangguan komunikasi keperawatan.
4.
Menjelaskan langkah melakukan gangguan komunikasi keperawatan.
5.
Praktikum bagaimana melakukan pemecahan gangguan komunikasi
keperawatan
F.
MODEL
DAN METODE
Model Inquiry
Learning Terbimbing dan Sains
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
1.
PERTEMUAN
KESATU
a.
Pendahuluan/kegiatan
1)
Mengkondisikan
suuasana belajar yang menyenangkan
2)
Mendiskusikan
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan
kompetensi yang telah dipelajari
3)
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan
4)
Menyampaikan
garis besarcakupan materi dan kegiatan yang akan digunakan
5)
Menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
b.
Kegiatan
inti
1)
Menjelaskan pengertian gangguan komunikasi keperawatan
2)
Menjelaskan fungsi dan tujuan dari menejemen gangguan komunikasi
keperawatan.
c.
Penutup
1)
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
2)
Refleksi
kegiatan yang sudah dilaksanakan
3)
Merencanakan
kegiatan tindakan lanjutan dalam bentuk tugas kelompok/perseorangan
4)
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
2.
PERTEMUAN
KEDUA
a.
Pendahuluan/kegiatan
1)
Mengkondisikan
suuasana belajar yang menyenangkan
2)
Mendiskusikan
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan
kompetensi yang telah dipelajari
3)
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan
4)
Menyampaikan
garis besarcakupan materi dan kegiatan yang akan digunakan
5)
Menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
b.
Kegiatan
inti
1)
Menjelaskan kebutuhan gangguan komunikasi keperawatan.
2)
Menjelaskan langkah melakukan gangguan komunikasi keperawatan.
c.
Penutup
1)
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
2)
Refleksi
kegiatan yang sudah dilaksanakan
3)
Merencanakan
kegiatan tindakan lanjutan dalam bentuk tugas kelompok/perseorangan
4)
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
3.
PERTEMUAN
KETIGA
a.
Pendahuluan/kegiatan
1)
Mengkondisikan
suuasana belajar yang menyenangkan
2)
Mendiskusikan
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan
kompetensi yang telah dipelajari
3)
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan
4)
Menyampaikan
garis besarcakupan materi dan kegiatan yang akan digunakan
5)
Menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
b.
Kegiatan
inti
Praktikum bagaimana melakukan pemecahan gangguan komunikasi
keperawatan
c.
Penutup
1)
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
2)
Refleksi
kegiatan yang sudah dilaksanakan
3)
Merencanakan
kegiatan tindakan lanjutan dalam bentuk tugas kelompok/perseorangan
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.
MEDIA,
ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
|
KD
|
Media/alat, bahan dan sumber belajar
|
|
3.2 Menganalisis gangguan komunikasi
|
Media :
LCD Projek alat/Bahan
Fasilitas Komunikasi daring dan jaringan internet
|
|
4.2 Melakukan pemeriksaan gangguan komunikasi
|
Sumber belajar : buku teks pembelajaran, buku
referensi lain.
|
I.
PENILAIAN
PEMBELAJARAN, REMIDIAL DAN PENGAYAAN
|
KD
|
TEKNIK PENILAIAN
|
INSTRUMEN
|
|
3.2 Menganalisis gangguan komunikasi
|
1. Tes tulis
2. Penugasan
3. Tes praktikum/unjuk kerja
|
1. Soal tes tertulis
2. Lembar tugas
3. Lembar penilaian tugas
4. Lembar tugas praktik dan lembar observasi unjuk
kerja
|
|
4.2 Melakukan pemeriksaan gangguan komunikasi
|
1. Tes tulis
2. Penugasan
3. Tes praktikum/unjuk kerja
|
1. Soal tes tertulis
2. Lembar tugas
3. Lembar penilaian tugas
4. Lembar tugas praktik dan lembar observasi unjuk
kerja
|
|
Mengetahui
Kepala
................................
|
…………………,…………………….
Guru Mata
Pelajaran
Tiazh
Oktaviani , S.Tr. Keb.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar