RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
KOMUNIKASI KEPERAWATAN
NAMA SEKOLAH : ............................
MATA PELAJARAN :
KOMUNIKASI KEPERAWATAN
KOMP. KEAHLIAN :
ASISTEN KEPERAWATAN
KELAS/SEMESTER :
X/2
TAHUN PELAJARAN :
2019/2020
ALOKASI WAKTU : 3jam x 15 = 45
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
PENGETAHUAN
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi
tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar
Bidang Kesehatan dan Pekerjaan Sosial pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2.
KETRAMPILAN
Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan
Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Kesehatan dan Pekerjaan Sosial.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur
sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,
membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.
KD
PADA KI PENGETAHUAN
3.8 Menerapkan pengumpulan
data
2.
KD
PADA KI KETRAMPILAN
4.8 Melakukan pengumpulan
data
C.
INDIKAROR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
INDIKATOR
KD PADA KI PENGETAHUAN
3.8 Menerapkan pengumpulan
data
Berdasarkan
dimensi pengetahuan dan proses kognitif, maka IPK dari KD pengetahuan di atas
sebagai berikut :
a.
Menjelaskan
pengertian pengumpulan data
b.
Menjelaskan
fungsi dan pengumpulan data dalam komunikasi keperawatan
c.
Menjelaskan
manfaat pengumpulan data
d.
Mengetahui
secara SOP melakukan pengumpulan data
e.
Mempraktikan
secara mandiri cara melakukan pengumpulan data sesuai dengan SOP
2.
INDIKATOR
KD PADA KI KETRAMPILAN
3.
4.8
Melakukan pengumpulan data
Melakukan pengumpulan data
sesuai dengan SOP
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa
mampu menjelaskan pengertian pengumpulan data
2.
Menjelaskan
fungsi dan pengumpulan data dalam komunikasi keperawatan
3.
Siswa
mampu menjelaskan manfaat pengumpulan data
4.
Siswa
mampu mengetahui secara SOP melakukan pengumpulan data
5.
Siswa
mampu mempraktikan secara mandiri cara melakukan pengumpulan data sesuai dengan
SOP
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Menjelaskan
pengertian pengumpulan data
2.
Menjelaskan
fungsi dan pengumpulan data dalam komunikasi keperawatan
3.
Menjelaskan
manfaat pengumpulan data
4.
Mengetahui
secara SOP melakukan pengumpulan data
5.
Mempraktikan
secara mandiri cara melakukan pengumpulan data sesuai dengan SOP
F.
MODEL
DAN METODE
Model Problem
based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PJBL)
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
1.
PERTEMUAN
KESATU
a.
Pendahuluan/kegiatan
1)
Mengkondisikan
suuasana belajar yang menyenangkan
2)
Mendiskusikan
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan
kompetensi yang telah dipelajari
3)
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan
4)
Menyampaikan
garis besarcakupan materi dan kegiatan yang akan digunakan
5)
Menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
b.
Kegiatan
inti
1)
Menjelaskan
pengertian pengumpulan data
2)
Menjelaskan
fungsi dan pengumpulan data dalam komunikasi keperawatan
c.
Penutup
1)
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
2)
Refleksi
kegiatan yang sudah dilaksanakan
3)
Merencanakan
kegiatan tindakan lanjutan dalam bentuk tugas kelompok/perseorangan
4)
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
2.
PERTEMUAN
KEDUA
a.
Pendahuluan/kegiatan
1)
Mengkondisikan
suuasana belajar yang menyenangkan
2)
Mendiskusikan
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan
kompetensi yang telah dipelajari
3)
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan
4)
Menyampaikan
garis besarcakupan materi dan kegiatan yang akan digunakan
5)
Menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
b.
Kegiatan
inti
1)
Menjelaskan
manfaat pengumpulan data
2)
Mengetahui
secara SOP melakukan pengumpulan data
c.
Penutup
1)
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
2)
Refleksi
kegiatan yang sudah dilaksanakan
3)
Merencanakan
kegiatan tindakan lanjutan dalam bentuk tugas kelompok/perseorangan
4)
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
3.
PERTEMUAN
KETIGA
a.
Pendahuluan/kegiatan
1)
Mengkondisikan
suuasana belajar yang menyenangkan
2)
Mendiskusikan
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan
kompetensi yang telah dipelajari
3)
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan
4)
Menyampaikan
garis besarcakupan materi dan kegiatan yang akan digunakan
5)
Menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
b.
Kegiatan
inti
Mempraktikan
secara mandiri cara melakukan pengumpulan data sesuai dengan SOP
c.
Penutup
1)
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
2)
Refleksi
kegiatan yang sudah dilaksanakan
3)
Merencanakan
kegiatan tindakan lanjutan dalam bentuk tugas kelompok/perseorangan
H.
MEDIA,
ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
|
KD
|
Media/alat, bahan dan sumber belajar
|
|
3.8 Menerapkan pengumpulan data
|
Media :
LCD Projek alat/Bahan
Fasilitas Komunikasi daring dan jaringan internet
|
|
4.8 Melakukan pengumpulan data
|
Sumber belajar : buku teks pembelajaran, buku
referensi lain.
|
I.
PENILAIAN
PEMBELAJARAN, REMIDIAL DAN PENGAYAAN
|
KD
|
TEKNIK PENILAIAN
|
INSTRUMEN
|
|
3.8 Menerapkan pengumpulan data
|
1. Tes tulis
2. Penugasan
3. Tes praktikum/unjuk kerja
|
1. Soal tes tertulis
2. Lembar tugas
3. Lembar penilaian tugas
4. Lembar tugas praktik dan lembar observasi unjuk
kerja
|
|
4.8 Melakukan pengumpulan data
|
1. Tes tulis
2. Penugasan
3. Tes praktikum/unjuk kerja
|
1. Soal tes tertulis
2. Lembar tugas
3. Lembar penilaian tugas
4. Lembar tugas praktik dan lembar observasi unjuk
kerja
|
|
Mengetahui
Kepala
..................................
|
…………………,…………………….
Guru Mata
Pelajaran
Tiazh
Oktaviani , S.Tr. Keb.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar