RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
KOMUNIKASI KEPERAWATAN
NAMA SEKOLAH :......................
MATA PELAJARAN :
KOMUNIKASI KEPERAWATAN
KOMP. KEAHLIAN :
ASISTEN KEPERAWATAN
KELAS/SEMESTER :
X/1
TAHUN PELAJARAN :
2019/2020
ALOKASI WAKTU :
3jam x 14 = 42
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
PENGETAHUAN
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi
tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar
Bidang Kesehatan dan Pekerjaan Sosial pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2.
KETRAMPILAN
Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan
Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Kesehatan dan Pekerjaan Sosial.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur
sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,
membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.
KD
PADA KI PENGETAHUAN
3.1
Menerapkan komunikasi
2.
KD
PADA KI KETRAMPILAN
4.1
Melakukan komunikasi
C.
INDIKAROR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
INDIKATOR
KD PADA KI PENGETAHUAN
3.1
Menerapkan komunikasi
Berdasarkan
dimensi pengetahuan dan proses kognitif, maka IPK dari KD pengetahuan di atas
sebagai berikut :
a.
Menjelaskan
penerapan komunikasi
b.
Menjelaskan
pengertian komunikasi dalam keperawatan
c.
Mendeskripsikan
komunikasi
d.
Menentukan
teknik komunikasi
2.
INDIKATOR
KD PADA KI KETRAMPILAN
4.1
Melakukan komunikasi
Melakukan
komunikasi keperawatan berdasarkan contoh sesuai dengan teori komunikasi
keperawatan.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa mampu menjelaskan pengertian
komunikasi keperawatan
2. Siswa mampu menjelaskan fungsi dan
tujuan dari komunikasi keperawatan.
3. Siswa mampu menjelaskan kebutuhan
komunikasi keperawatan.
4. Siswa mampu menjelaskan komunikasi
keperawatan.
5. Siswa mampu melakukan komunikasi
keperawatan
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan pengertian komunikasi
keperawatan
2. Menjelaskan fungsi dan tujuan dari
komunikasi keperawatan.
3. Menjelaskan kebutuhan komunikasi
keperawatan.
4. Menjelaskan langkah melakukan
komunikasi keperawatan.
5. Praktikum komunikasi keperawatan
F.
MODEL
DAN METODE
Model Inquiry
Learning Terbimbing dan Sains
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
1.
PERTEMUAN
KESATU
a.
Pendahuluan/kegiatan
1)
Mengkondisikan
suuasana belajar yang menyenangkan
2)
Mendiskusikan
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan
kompetensi yang telah dipelajari
3)
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan
4)
Menyampaikan
garis besarcakupan materi dan kegiatan yang akan digunakan
5)
Menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
b.
Kegiatan
inti
1)
Menjelaskan
pengertian komunikasi keperawatan
2)
Menjelaskan
fungsi dan tujuan dari komunikasi keperawatan.
c.
Penutup
1)
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
2)
Refleksi
kegiatan yang sudah dilaksanakan
3)
Merencanakan
kegiatan tindakan lanjutan dalam bentuk tugas kelompok/perseorangan
4)
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
2.
PERTEMUAN
KEDUA
a.
Pendahuluan/kegiatan
1)
Mengkondisikan
suuasana belajar yang menyenangkan
2)
Mendiskusikan
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan
kompetensi yang telah dipelajari
3)
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan
4)
Menyampaikan
garis besarcakupan materi dan kegiatan yang akan digunakan
5)
Menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
b.
Kegiatan
inti
1) Menjelaskan kebutuhan komunikasi
keperawatan.
2) Menjelaskan langkah melakukan
komunikasi keperawatan.
c.
Penutup
1)
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
2)
Refleksi
kegiatan yang sudah dilaksanakan
3)
Merencanakan
kegiatan tindakan lanjutan dalam bentuk tugas kelompok/perseorangan
4)
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
3.
PERTEMUAN
KETIGA
a.
Pendahuluan/kegiatan
1)
Mengkondisikan
suuasana belajar yang menyenangkan
2)
Mendiskusikan
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan
kompetensi yang telah dipelajari
3)
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan
4)
Menyampaikan
garis besarcakupan materi dan kegiatan yang akan digunakan
5)
Menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
b.
Kegiatan
inti
Praktikum
komunikasi keperawatan
c.
Penutup
1)
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
2)
Refleksi
kegiatan yang sudah dilaksanakan
3)
Merencanakan
kegiatan tindakan lanjutan dalam bentuk tugas kelompok/perseorangan
4)
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.
MEDIA,
ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
|
KD
|
Media/alat,
bahan dan sumber belajar
|
|
3.1 Menerapkan
komunikasi
|
Media :
LCD Projek
alat/Bahan
Fasilitas
Komunikasi daring dan jaringan internet
|
|
4.1 Melakukan
komunikasi
|
Sumber belajar
: buku teks pembelajaran, buku referensi lain.
|
I.
PENILAIAN
PEMBELAJARAN, REMIDIAL DAN PENGAYAAN
|
KD
|
TEKNIK
PENILAIAN
|
INSTRUMEN
|
|
3.1 Menerapkan
komunikasi
|
1. Tes tulis
2. Penugasan
3. Tes praktikum/unjuk kerja
|
1. Soal tes tertulis
2. Lembar tugas
3. Lembar penilaian tugas
4. Lembar tugas praktik dan lembar observasi unjuk
kerja
|
|
4.1 Melakukan
komunikasi
|
1. Tes tulis
2. Penugasan
3. Tes praktikum/unjuk kerja
|
1. Soal tes tertulis
2. Lembar tugas
3. Lembar penilaian tugas
4. Lembar tugas praktik dan lembar observasi unjuk
kerja
|
|
Mengetahui
Kepala
.............................
|
…………………,…………………….
Guru Mata
Pelajaran
Tiazh
Oktaviani , S.Tr. Keb.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar