RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
KOMUNIKASI KEPERAWATAN
NAMA SEKOLAH : .....................................
MATA PELAJARAN :
KOMUNIKASI KEPERAWATAN
KOMP. KEAHLIAN :
ASISTEN KEPERAWATAN
KELAS/SEMESTER :
X/1
TAHUN PELAJARAN :
2019/2020
ALOKASI WAKTU : 3jam x 14 = 42
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
PENGETAHUAN
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi
tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar
Bidang Kesehatan dan Pekerjaan Sosial pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2.
KETRAMPILAN
Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan
Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Kesehatan dan Pekerjaan Sosial.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur
sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,
membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.
KD
PADA KI PENGETAHUAN
3.4 Menerapkan komunikasi terapeutik
2.
KD
PADA KI KETRAMPILAN
4.4 Melakukan komunikasi
terapeutik
C.
INDIKAROR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
INDIKATOR
KD PADA KI PENGETAHUAN
3.4 Menerapkan komunikasi
terapeutik
Berdasarkan
dimensi pengetahuan dan proses kognitif, maka IPK dari KD pengetahuan di atas
sebagai berikut :
a.
Menjelaskan
penerapan komunikasi terapeutik
b.
Menjelaskan
pengertian komunikasi terapeutik
c.
Mendeskripsikan
komunikasi terapeutik
d.
Memprraktikkan
komunikasi terapeutik
2.
INDIKATOR
KD PADA KI KETRAMPILAN
4.4 Melakukan komunikasi
terapeutik
Melakukan komunikasi
terapeutik kepada pasien
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa mampu menjelaskan apa itu komunikasi terapeutik.
2.
Siswa mampu menejemen komunikasi terapeutik
3.
Siswa mampu menjelaskan fungsi dan
tujuan komunikasi
terapeutik
4.
Siswa mampu melakukan praktik mandiri
komunikasi keperawatan dalam tindakan keperawatan
5.
Siswa mampu menerapkan langkah komunikasi terapeutik dan paham alur sesuai SOP
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Menjelaskan apa itu komunikasi terapeutik.
2.
Menejemen komunikasi
terapeutik
3.
Menjelaskan fungsi dan tujuan komunikasi terapeutik
4.
Praktikum praktik mandiri komunikasi
keperawatan dalam tindakan keperawatan
5.
Menerapkan langkah komunikasi terapeutik dan paham alur sesuai SOP
F.
MODEL
DAN METODE
Model Discovery
Learning
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
1.
PERTEMUAN
KESATU
a.
Pendahuluan/kegiatan
1)
Mengkondisikan
suuasana belajar yang menyenangkan
2)
Mendiskusikan
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan
kompetensi yang telah dipelajari
3)
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan
4)
Menyampaikan
garis besarcakupan materi dan kegiatan yang akan digunakan
5)
Menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
b.
Kegiatan
inti
Menjelaskan apa itu komunikasi terapeutik.
c.
Penutup
1)
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
2)
Refleksi
kegiatan yang sudah dilaksanakan
3)
Merencanakan
kegiatan tindakan lanjutan dalam bentuk tugas kelompok/perseorangan
4)
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
2.
PERTEMUAN
KEDUA
a.
Pendahuluan/kegiatan
1)
Mengkondisikan
suuasana belajar yang menyenangkan
2)
Mendiskusikan
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan
kompetensi yang telah dipelajari
3)
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan
4)
Menyampaikan
garis besarcakupan materi dan kegiatan yang akan digunakan
5)
Menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
b.
Kegiatan
inti
1)
Menejemen komunikasi
terapeutik
2)
Menjelaskan fungsi dan tujuan komunikasi terapeutik
c.
Penutup
1)
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
2)
Refleksi
kegiatan yang sudah dilaksanakan
3)
Merencanakan
kegiatan tindakan lanjutan dalam bentuk tugas kelompok/perseorangan
4)
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
3.
PERTEMUAN
KETIGA
a.
Pendahuluan/kegiatan
1)
Mengkondisikan
suuasana belajar yang menyenangkan
2)
Mendiskusikan
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan
kompetensi yang telah dipelajari
3)
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan
4)
Menyampaikan
garis besarcakupan materi dan kegiatan yang akan digunakan
5)
Menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
b.
Kegiatan
inti
1)
Praktikum praktik mandiri komunikasi
keperawatan dalam tindakan keperawatan
2)
Menerapkan langkah komunikasi terapeutik dan paham alur sesuai SOP
c.
Penutup
1)
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
2)
Refleksi
kegiatan yang sudah dilaksanakan
3)
Merencanakan
kegiatan tindakan lanjutan dalam bentuk tugas kelompok/perseorangan
H.
MEDIA,
ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
|
KD
|
Media/alat, bahan dan sumber belajar
|
|
3.4 Menerapkan komunikasi terapeutik
|
Media :
LCD Projek alat/Bahan
Fasilitas Komunikasi daring dan jaringan internet
|
|
4.4 Melakukan komunikasi terapeutik
|
Sumber belajar : buku teks pembelajaran, buku
referensi lain.
|
I.
PENILAIAN
PEMBELAJARAN, REMIDIAL DAN PENGAYAAN
|
KD
|
TEKNIK PENILAIAN
|
INSTRUMEN
|
|
3.4 Menerapkan komunikasi terapeutik
|
1. Tes tulis
2. Penugasan
3. Tes praktikum/unjuk kerja
|
1. Soal tes tertulis
2. Lembar tugas
3. Lembar penilaian tugas
4. Lembar tugas praktik dan lembar observasi unjuk
kerja
|
|
4.4 Melakukan komunikasi terapeutik
|
1. Tes tulis
2. Penugasan
3. Tes praktikum/unjuk kerja
|
1. Soal tes tertulis
2. Lembar tugas
3. Lembar penilaian tugas
4. Lembar tugas praktik dan lembar observasi unjuk
kerja
|
|
Mengetahui
Kepala
.........................................
|
…………………,…………………….
Guru Mata
Pelajaran
Tiazh
Oktaviani , S.Tr. Keb.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar