RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
KOMUNIKASI KEPERAWATAN
NAMA SEKOLAH : ..............................
MATA PELAJARAN :
KOMUNIKASI KEPERAWATAN
KOMP. KEAHLIAN :
ASISTEN KEPERAWATAN
KELAS/SEMESTER :
X/1
TAHUN PELAJARAN :
2019/2020
ALOKASI WAKTU : 3jam x 14 = 42
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
PENGETAHUAN
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi
tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar
Bidang Kesehatan dan Pekerjaan Sosial pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2.
KETRAMPILAN
Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan
Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Kesehatan dan Pekerjaan Sosial.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur
sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,
membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.
KD
PADA KI PENGETAHUAN
3.3 Memahami perkembangan bahasa
dalam komunikasi sesuai tingkat usia
2.
KD
PADA KI KETRAMPILAN
4.3
Mengelompokkan perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
C.
INDIKAROR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
INDIKATOR
KD PADA KI PENGETAHUAN
3.3 Memahami perkembangan
bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
Berdasarkan
dimensi pengetahuan dan proses kognitif, maka IPK dari KD pengetahuan di atas
sebagai berikut :
a.
Menjelaskan
penerapan perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
b.
Menjelaskan
pengertian perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
c.
Mendeskripsikan
perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
d.
Menentukan
perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
2.
INDIKATOR
KD PADA KI KETRAMPILAN
4.3
Mengelompokkan perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
Melakukan pengelompokkan
perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa mampu Mengelompokkan perkembangan bahasa dalam
komunikasi sesuai tingkat usia Siswa mampu menjelaskan fungsi dan tujuan dari komunikasi
keperawatan.
2.
Siswa mampu menjelaskan Mengelompokkan
perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
3.
Siswa mampu menejemen pengelompokkan
perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
4.
Siswa mampu menjelaskan dan menerapkan
langkah komunikasi perkembangan bahasa dalam komuniksi sesuai tingkat usia
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Menjelaskan pengertian perkembangan bahasa
dalam komunikasi sesuai tingkat usia
2.
Menjelaskan fungsi dan tujuan dari perkembangan
bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia.
3.
Menjelaskan kebutuhan perkembangan bahasa
dalam komunikasi sesuai tingkat usia.
4.
Menjelaskan langkah perkembangan bahasa
dalam komunikasi sesuai tingkat usia.
F.
MODEL
DAN METODE
Model Discovery
Learning
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
1.
PERTEMUAN
KESATU
a.
Pendahuluan/kegiatan
1)
Mengkondisikan
suuasana belajar yang menyenangkan
2)
Mendiskusikan
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan
kompetensi yang telah dipelajari
3)
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan
4)
Menyampaikan
garis besarcakupan materi dan kegiatan yang akan digunakan
5)
Menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
b.
Kegiatan
inti
1)
Menjelaskan pengertian perkembangan bahasa
dalam komunikasi sesuai tingkat usia
2)
Menjelaskan fungsi dan tujuan dari perkembangan
bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia.
c.
Penutup
1)
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
2)
Refleksi
kegiatan yang sudah dilaksanakan
3)
Merencanakan
kegiatan tindakan lanjutan dalam bentuk tugas kelompok/perseorangan
4)
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
2.
PERTEMUAN
KEDUA
a.
Pendahuluan/kegiatan
1)
Mengkondisikan
suuasana belajar yang menyenangkan
2)
Mendiskusikan
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan kompetensi
yang telah dipelajari
3)
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan
4)
Menyampaikan
garis besarcakupan materi dan kegiatan yang akan digunakan
5)
Menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
b.
Kegiatan
inti
Menjelaskan
kebutuhan perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat
usia.
c.
Penutup
1)
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
2)
Refleksi
kegiatan yang sudah dilaksanakan
3)
Merencanakan
kegiatan tindakan lanjutan dalam bentuk tugas kelompok/perseorangan
4)
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
3.
PERTEMUAN
KETIGA
a.
Pendahuluan/kegiatan
1)
Mengkondisikan
suuasana belajar yang menyenangkan
2)
Mendiskusikan
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan
kompetensi yang telah dipelajari
3)
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan
4)
Menyampaikan
garis besarcakupan materi dan kegiatan yang akan digunakan
5)
Menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
b.
Kegiatan
inti
Menjelaskan langkah perkembangan bahasa
dalam komunikasi sesuai tingkat usia
c.
Penutup
1)
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
2)
Refleksi
kegiatan yang sudah dilaksanakan
3)
Merencanakan
kegiatan tindakan lanjutan dalam bentuk tugas kelompok/perseorangan
H.
MEDIA,
ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
KD
|
Media/alat, bahan dan sumber belajar
|
3.3 Memahami perkembangan bahasa dalam komunikasi
sesuai tingkat usia
|
Media :
LCD Projek alat/Bahan
Fasilitas Komunikasi daring dan jaringan internet
|
4.3
Mengelompokkan perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
|
Sumber belajar : buku teks pembelajaran, buku
referensi lain.
|
I.
PENILAIAN
PEMBELAJARAN, REMIDIAL DAN PENGAYAAN
KD
|
TEKNIK PENILAIAN
|
INSTRUMEN
|
3.3 Memahami perkembangan bahasa dalam komunikasi
sesuai tingkat usia
|
1. Tes tulis
2. Penugasan
3. Tes praktikum/unjuk kerja
|
1. Soal tes tertulis
2. Lembar tugas
3. Lembar penilaian tugas
4. Lembar tugas praktik dan lembar observasi unjuk
kerja
|
4.3
Mengelompokkan perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
|
1. Tes tulis
2. Penugasan
3. Tes praktikum/unjuk kerja
|
1. Soal tes tertulis
2. Lembar tugas
3. Lembar penilaian tugas
4. Lembar tugas praktik dan lembar observasi unjuk
kerja
|
Mengetahui
Kepala
.............................
|
…………………,…………………….
Guru Mata
Pelajaran
Tiazh
Oktaviani , S.Tr. Keb.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar