Rabu, 03 Juli 2019

CONTOH RPP SMK 2019


RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
KOMUNIKASI KEPERAWATAN

NAMA SEKOLAH               : ..............................
MATA PELAJARAN                        : KOMUNIKASI KEPERAWATAN
KOMP. KEAHLIAN             : ASISTEN KEPERAWATAN
KELAS/SEMESTER             : X/1
TAHUN PELAJARAN         : 2019/2020
ALOKASI WAKTU              : 3jam x 14 = 42

A.    KOMPETENSI INTI
1.      PENGETAHUAN
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Kesehatan dan Pekerjaan Sosial pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2.      KETRAMPILAN
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Kesehatan dan Pekerjaan Sosial. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.     KOMPETENSI DASAR
1.      KD PADA KI PENGETAHUAN
3.3 Memahami perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia

2.      KD PADA KI KETRAMPILAN
4.3 Mengelompokkan perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia

C.     INDIKAROR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.      INDIKATOR KD PADA KI PENGETAHUAN
3.3 Memahami perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
Berdasarkan dimensi pengetahuan dan proses kognitif, maka IPK dari KD pengetahuan di atas sebagai berikut :
a.       Menjelaskan penerapan perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
b.      Menjelaskan pengertian perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
c.       Mendeskripsikan perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
d.      Menentukan perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia

2.      INDIKATOR KD PADA KI KETRAMPILAN
4.3 Mengelompokkan perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
Melakukan pengelompokkan perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa mampu Mengelompokkan perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia Siswa mampu menjelaskan fungsi dan tujuan dari komunikasi keperawatan.
2.      Siswa mampu menjelaskan Mengelompokkan perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
3.      Siswa mampu menejemen pengelompokkan perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
4.      Siswa mampu menjelaskan dan menerapkan langkah komunikasi perkembangan bahasa dalam komuniksi sesuai tingkat usia

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Menjelaskan pengertian perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
2.      Menjelaskan fungsi dan tujuan dari perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia.
3.      Menjelaskan kebutuhan perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia.
4.      Menjelaskan langkah perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia.

F.      MODEL DAN METODE
Model Discovery Learning
G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      PERTEMUAN KESATU
a.       Pendahuluan/kegiatan
1)      Mengkondisikan suuasana belajar yang menyenangkan
2)      Mendiskusikan kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan kompetensi yang telah dipelajari
3)      Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan
4)      Menyampaikan garis besarcakupan materi dan kegiatan yang akan digunakan
5)      Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
b.      Kegiatan inti
1)      Menjelaskan pengertian perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
2)      Menjelaskan fungsi dan tujuan dari perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia.
c.       Penutup
1)      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran
2)      Refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan
3)      Merencanakan kegiatan tindakan lanjutan dalam bentuk tugas kelompok/perseorangan
4)      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

2.      PERTEMUAN KEDUA
a.       Pendahuluan/kegiatan
1)      Mengkondisikan suuasana belajar yang menyenangkan
2)      Mendiskusikan kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan kompetensi yang telah dipelajari
3)      Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan
4)      Menyampaikan garis besarcakupan materi dan kegiatan yang akan digunakan
5)      Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
b.      Kegiatan inti
Menjelaskan kebutuhan perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia.
c.       Penutup
1)      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran
2)      Refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan
3)      Merencanakan kegiatan tindakan lanjutan dalam bentuk tugas kelompok/perseorangan
4)      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
3.      PERTEMUAN KETIGA
a.       Pendahuluan/kegiatan
1)      Mengkondisikan suuasana belajar yang menyenangkan
2)      Mendiskusikan kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan kompetensi yang telah dipelajari
3)      Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan
4)      Menyampaikan garis besarcakupan materi dan kegiatan yang akan digunakan
5)      Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
b.      Kegiatan inti
Menjelaskan langkah perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
c.       Penutup
1)      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran
2)      Refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan
3)      Merencanakan kegiatan tindakan lanjutan dalam bentuk tugas kelompok/perseorangan
H.    MEDIA, ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
KD
Media/alat, bahan dan sumber belajar
3.3 Memahami perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia



Media :
LCD Projek alat/Bahan
Fasilitas Komunikasi daring dan jaringan internet
4.3 Mengelompokkan perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
Sumber belajar : buku teks pembelajaran, buku referensi lain.

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN, REMIDIAL DAN PENGAYAAN
KD
TEKNIK PENILAIAN
INSTRUMEN
3.3 Memahami perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia



1.      Tes tulis
2.      Penugasan
3.      Tes praktikum/unjuk kerja
1.      Soal tes tertulis
2.      Lembar tugas
3.      Lembar penilaian tugas
4.      Lembar tugas praktik dan lembar observasi unjuk kerja
4.3 Mengelompokkan perkembangan bahasa dalam komunikasi sesuai tingkat usia
1.      Tes tulis
2.      Penugasan
3.      Tes praktikum/unjuk kerja
1.      Soal tes tertulis
2.      Lembar tugas
3.      Lembar penilaian tugas
4.      Lembar tugas praktik dan lembar observasi unjuk kerja


Mengetahui
Kepala




.............................
…………………,…………………….
Guru Mata Pelajaran




Tiazh Oktaviani , S.Tr. Keb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar