Rabu, 03 Juli 2019

CONTOH RPP KOMUNIKASI KEPERAWATAN SMK KESEHATAN 2019, KD 3.6/4.6


RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
KOMUNIKASI KEPERAWATAN

NAMA SEKOLAH               : .........................
MATA PELAJARAN                        : KOMUNIKASI KEPERAWATAN
KOMP. KEAHLIAN             : ASISTEN KEPERAWATAN
KELAS/SEMESTER             : X/2
TAHUN PELAJARAN         : 2019/2020
ALOKASI WAKTU              : 3jam x 15 = 45

A.    KOMPETENSI INTI
1.      PENGETAHUAN
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Kesehatan dan Pekerjaan Sosial pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2.      KETRAMPILAN
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Kesehatan dan Pekerjaan Sosial. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.     KOMPETENSI DASAR
1.      KD PADA KI PENGETAHUAN
3.6 Memahami informasi kesehatan

2.      KD PADA KI KETRAMPILAN
4.6 Memberikan informasi kesehatan kepada masyarakat

C.     INDIKAROR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.      INDIKATOR KD PADA KI PENGETAHUAN
3.6 Memahami informasi kesehatan
Berdasarkan dimensi pengetahuan dan proses kognitif, maka IPK dari KD pengetahuan di atas sebagai berikut :
a.       Menjelaskan informasi kesehatan di terapkan dalam kehidupan sehari-hari
b.      Menjelaskan pengertian informasi kesehatan
c.       Mendeskripsikan informasi kesehatan menurut individu
d.      Menjelaskan fungsi dan tujuan informasi kesehatan
e.       Menjelaskan manfaat informasi kesehatan
f.       Mempraktikan secara mandiri menyampaikan informasi kesehatan dengan bahasa yang mudah dipahami
2.      INDIKATOR KD PADA KI KETRAMPILAN
4.6 Memberikan informasi kesehatan kepada masyarakat
Melakukan secara mandiri menyampaikan informasi kesehatan dengan bahasa yang mudah dipahami

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa mampu menjelaskan informasi kesehatan di terapkan dalam kehidupan sehari-hari
2.      Siswa mampu menjelaskan pengertian informasi kesehatan
3.      Siswa mampu mendeskripsikan informasi kesehatan menurut individu
4.      Siswa mampu menjelaskan fungsi dan tujuan informasi kesehatan
5.      Siswa mampu menjelaskan manfaat informasi kesehatan
6.      Siswa mampu mempraktikan secara mandiri menyampaikan informasi kesehatan dengan bahasa yang mudah dipahami

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Menjelaskan informasi kesehatan di terapkan dalam kehidupan sehari-hari
2.      Menjelaskan pengertian informasi kesehatan
3.      Mendeskripsikan informasi kesehatan menurut individu
4.      Menjelaskan fungsi dan tujuan informasi kesehatan
5.      Menjelaskan manfaat informasi kesehatan
6.      Mempraktikan secara mandiri menyampaikan informasi kesehatan dengan bahasa yang mudah dipahami

F.      MODEL DAN METODE
Model Problem based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PJBL)

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      PERTEMUAN KESATU
a.       Pendahuluan/kegiatan
1)      Mengkondisikan suuasana belajar yang menyenangkan
2)      Mendiskusikan kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan kompetensi yang telah dipelajari
3)      Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan
4)      Menyampaikan garis besarcakupan materi dan kegiatan yang akan digunakan
5)      Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
b.      Kegiatan inti
1)      Menjelaskan informasi kesehatan di terapkan dalam kehidupan sehari-hari
2)      Menjelaskan pengertian informasi kesehatan
c.       Penutup
1)      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran
2)      Refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan
3)      Merencanakan kegiatan tindakan lanjutan dalam bentuk tugas kelompok/perseorangan
4)      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

2.      PERTEMUAN KEDUA
a.       Pendahuluan/kegiatan
1)      Mengkondisikan suuasana belajar yang menyenangkan
2)      Mendiskusikan kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan kompetensi yang telah dipelajari
3)      Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan
4)      Menyampaikan garis besarcakupan materi dan kegiatan yang akan digunakan
5)      Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
b.      Kegiatan inti
1)      Mendeskripsikan informasi kesehatan menurut individu
2)      Menjelaskan fungsi dan tujuan informasi kesehatan
3)      Menjelaskan manfaat informasi kesehatan
c.       Penutup
1)      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran
2)      Refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan
3)      Merencanakan kegiatan tindakan lanjutan dalam bentuk tugas kelompok/perseorangan
4)      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

3.      PERTEMUAN KETIGA
a.       Pendahuluan/kegiatan
1)      Mengkondisikan suuasana belajar yang menyenangkan
2)      Mendiskusikan kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan kompetensi yang telah dipelajari
3)      Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan
4)      Menyampaikan garis besarcakupan materi dan kegiatan yang akan digunakan
5)      Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
b.      Kegiatan inti
Mempraktikan secara mandiri menyampaikan informasi kesehatan dengan bahasa yang mudah dipahami
c.       Penutup
1)      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran
2)      Refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan
3)      Merencanakan kegiatan tindakan lanjutan dalam bentuk tugas kelompok/perseorangan

H.    MEDIA, ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
KD
Media/alat, bahan dan sumber belajar
3.6 Memahami informasi kesehatan


Media :
LCD Projek alat/Bahan
Fasilitas Komunikasi daring dan jaringan internet
4.6 Memberikan informasi kesehatan kepada masyarakat
Sumber belajar : buku teks pembelajaran, buku referensi lain.

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN, REMIDIAL DAN PENGAYAAN
KD
TEKNIK PENILAIAN
INSTRUMEN
3.6 Memahami informasi kesehatan


1.      Tes tulis
2.      Penugasan
3.      Tes praktikum/unjuk kerja
1.      Soal tes tertulis
2.      Lembar tugas
3.      Lembar penilaian tugas
4.      Lembar tugas praktik dan lembar observasi unjuk kerja
4.6 Memberikan informasi kesehatan kepada masyarakat



1.      Tes tulis
2.      Penugasan
3.      Tes praktikum/unjuk kerja
1.      Soal tes tertulis
2.      Lembar tugas
3.      Lembar penilaian tugas
4.      Lembar tugas praktik dan lembar observasi unjuk kerja


Mengetahui
Kepala




.....................................
…………………,…………………….
Guru Mata Pelajaran




Tiazh Oktaviani , S.Tr. Keb.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar